Wisata Alam Nan Menawan di Pinus Kragilan

Halo pecinta wisata Indonesia, khususnya wisata Yogyakarta, selamat datang di KAISAR (Kumpulan Artikel Wisata Semut Ireng Transport). Kali ini kita akan membahas salah satu objek wisata alam yang berlokasi di Magelang, yaitu Pinus Kragilan.

Kaya apa si Pinus Kragilan itu ? kalau temen temen penasaran, ikutin pembahasan kita yaa.

A. Lokasi dan Suasana
Pinus Kragilan merupakan objek wisata alam yang berlokasi di lereng Gunung Merbabu, Magelang, Jawa Tengah. Objek wisata ini juga dikenal dengan nama Top Selfie Kragilan. Kenapa di sebut Top Selfie ? dari namanya pasti temen temen sudah bisa menebak kan, kalau objek wisata ini top banget buat di jadikan lokasi selfie.

Hamparan hutan pinus dan sebuah jalan yang membelah hutan pinus tersebut, menjadi magnet buat pecinta wisata untuk berbondong bondong selfie di Pinus Kragilan ini. Pinus Kragilan ini cocok banget buat kamu yang suka dengan seni fotografi, karena angle yang pas dan secercah cahaya matahari yang menyinari lokasi ini, bisa menghasilkan sebuah hasil jepretan foto yang bernilai artistik tinggi lho teman teman.

Penasaran ? langsung aja merapat ke sini yaa, Pinus Kragilan atau Top selfie Kragilan di Magelang.

 

Hutan Pinus Kragilan Magelang

Hutan Pinus Kragilan Magelang

B. Fasilitas
Ada apa aja si di Pinus Kragilan ini ? di sini memang kamu akan di buat fokus untuk jeprat jepret sana sini temen temen, karena Pinus Kragilan menyuguhkan beberapa spot foto yang bakalan bagus hasilnya kalau kamu foto di spot tersebut, tapi selain selfie ada beberapa fasilitas lain yang disediakan kok seperti :

1. Camp Ground
Buat kamu yang ngaku adventurer sejati, kamu bisa kemah di lereng Gunung Merbabu lho. Tenda udah di sediain oleh pengelola Pinus Kragilan temen temen, kalian tinggal sewa aja.

2. Warung Makan
Buat kamu yang dateng pagi pagi ke lokasi ini dan belum sempet sarapan, di sini juga di sediakan warung makan, jadi ga usah khawatir buat temen temen yang bermasalah dengan perut kosong yaa.

3. Musholla
Walaupun lagi asyik berselfie ria, tapi ibadah jangan sampai ketinggalan ya temen temen, dan di sini terdapat beberapa musholla buat kamu yang mau menjalankan kewajiban 5 waktunya.
Nah, jadi Pinus Kragilan ini emang cocok banget buat kamu yang mau hang out sama keluarga atau teman, atau mungkin dengan kekasih, dan pasti bakalan ngasih kamu kesan yang tak terlupakan berupa hasil jepretan foto yang bagus bangeet.

C. Harga Tiket
Hasil jepretan dijamin Oke, bisa nikmatin suasana sejuk nan cantik, terus mahal ga si buat dapetin itu semua ? Jawabannya adalaah, tidak sama sekali, Pinus Kragilan ramah budget banget temen-temen, kita kasih ulasan harganya ya :
1. Tiket masuk area : Rp. 6000,-/orang
2. Parkir sepeda motor : Rp. 3000,-/unit
3. Parkir mobil : Rp. 10000,-/unit
Murah kan temen temen, untuk sekedar hang out dan refreshing Pinus Kragilan emang TOP BGT deh. Yuk, merapat-merapat..

D. Rute dan Waktu Tempuh
Pinus Kragilan ini lokasinya berdekatan dengan Ketep Pass temen-temen, sekitar 20 menit dari Ketep Pass. Jadi kalo dari pusat kota Yogyakarta kamu butuh waktu kurang lebih 1,5 jam ya buat ke lokasi. Tapi tenang aja, kamu dijamin ga akan bosen walaupun menempuh waktu yang cukup lama, karena di perjalanan, kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah berupa panorama pegunungan dan hijaunya tanaman buah-buahan dan sayur mayur, jadi suasananya seger banget deh.

Ada beberapa rute yang bisa kita tempuh untuk ke lokasi ini, yang pertama rute yang sama dengan rute ke Ketep Pass, dari Ketep Pass kalian tinggal lanjutin aja temen temen lurus terus ke arah Kopeng, ikutin jalan aja sekitar 4 km, nanti kalian akan menemukan sebuah gapura sederhana di sebelah kiri bertuliskan Top Selfie.

Rute yang kedua buat kalian yang tinggal di sekitar Candimulyo dan sekitarnya, kalian bisa lewat jalur yang menuju ke Keponan, lurus aja sampai ketemu pertigaan Kopeng dan Ketep, kalian pilih jalur ke arah Kopeng ya, nanti dari situ kalian ikutin jalan aja dan akan menemukan gapura bertuliskan Top Selfie di kiri jalan .

 

Tempat Selfie Hutan Punus Kragilan

Tempat Selfie Hutan Punus Kragilan

 

Rute yang ketiga ini biasanya di lalui oleh wisatawan dari arah Semarang dan Salatiga, berkebalikan dengan arah Muntilan, kalian bisa ambil jalur ke arah Ketep Pass, ikuti jalan saja temen-temen, gapura bertuliskan Top Selfie akan berada di sebelah kanan jalan sebelum Ketep Pass, jadi jangan sampai terlewat yaa.

Gimana temen temen, tertarik kan dengan Pinus Kragilan ? tertarik doong pastinya, di jamin ga rugi kok kalo ke sini, dan untuk akses nya sendiri juga masih bagus dan bisa di lalui oleh berbagai kendaraan seperti sepeda motor, mobil sedan, dan mobil mini bus. Untuk kalian yang mau menggunakan Medium Bus juga bisa kok, tapi harus pastikan kondisi armadanya prima ya, karena medannya cukup menanjak temen temen. Kalau untuk Big Bus kami kurang merekomendasikan karena agak sulit untuk melakukan manuver tikungan mengingat kondisi jalan yang tidak begitu luas.

Oh iya sedikit tips untuk kalian, kalau mau ke Pinus Kragilan sebaiknya di pagi hari teman teman, karena selain matahari yang belum terlalu menyengat, kondisi lokasi juga masih sepi pengunjung, jadi kalian bisa puas berfoto foto ria.

Sampai sini dulu ya teman teman ulasan dari KAISAR tentang Pinus Kragilan, semoga bermanfaat buat teman teman semua, sekaligus bisa menambah referensi lokasi wisata selanjutnya yang akan temen temen kunjungi. Selamat berwisata, dan Salam Wisata !!

Semut Ireng Transport – “Solusi Perjalanan Wisata Anda”

Facebook Comments
Posted In:

About the Author

By admin / Administrator

Follow admin
on Jun 22, 2018