Melihat Indahnya Merapi Dari Atas Ketep Pass

Halo pecinta wisata Indonesia, khususnya wisata Yogyakarta, selamat datang di KAISAR (Kumpulan Artikel Wisata Semut Ireng Transport). Kali ini, kita akan membahas salah satu objek wisata yang berlokasi di kota Magelang, yaitu Ketep Pass.

Apa si Ketep Pass itu ? dan seperti apa si suasana di sana kok sampai di bahas di KAISAR, berikut ini ulasannya teman teman, check it out !!

A. Lokasi dan Suasana

Ketep Pass adalah suatu objek wisata alam yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya ga jauh kok dari pusat kota Yogyakarta. Untuk sampai ke sana, dibutuhkan waktu kurang lebih 60 menit dari pusat kota Yogyakarta (kalau ga macet yaaa).

Ketep Pass menyajikan sebuah pemandangan alam yang indah berupa bentangan Gunung Merapi dan Merbabu, yang bisa kita lihat dengan sangat jelas di gardu pandang yang sudah disediakan oleh pengelola. Buat kamu yang ngaku pecinta alam atau anak gunung, pasti bakalan betah berlama lama di lokasi ini, karena waktu yang kamu luangkan untuk ke objek wisata ini, akan langsung terbayarkan dengan pemandangan yang indah dan suasana yang nyaman, di tambah lagi dengan udaranya yang sejuk bisa bikin waktu kamu ga berasa teman teman.

Ketep Pass

Ketep Pass

B. Fasilitas
Hal apa aja si yang bisa kita lakuin di Ketep Pass ini ?
Banyak teman teman, selain berselfie ria dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, di lokasi ini juga tersedia beberapa fasilitas yang juga sangat bermanfaat untuk ilmu pengetahuan, diantaranya :
1. Museum Vulkanologi
Museum ini berisikan miniatur Gunung Merapi dan komputer interaktif yang mengandung berbagai informasi mengenai kegunungapian.
2. Bioskop Mini
Di bioskop ini, kamu bisa menonton sejarah terbentuknya Gunung Merapi dan hal hal lain yang berhubungan dengan Gunung Merapi. Durasi filmnya ga lama kok, Cuma sekitar 30 menit aja, jadi dijamin ga akan bosen.
3. Teropong
Buat kamu yang mau melihat dengan jelas bentuk dari puncak Gunung Merapi dan Merbabu, kamu bisa pakai teropong ini teman-teman, tapi jumlahnya hanya ada dua buah saja, jadi kalau banyak yang mau pakai teropong ini, kamu harus antri yaaa.

Gimana teman teman ? banyak kan manfaat yang bisa kita dapat di Ketep Pass ini. Selain untuk refreshing, Ketep Pass ini juga bersifat sebagai objek wisata edukasi. Jadi ga salah pilih deh kalo kalian dateng ke sini.

 

Pemandangan  Ketep Pass

Pemandangan Ketep Pass

C. Harga Tiket
Dari dua poin pembahasan tadi, keren kan temen temen Ketep Pass ini ? tapi mahal ga si tiket masuknya ? tenang aja temen-temen, untuk tiket masuknya sangat terjangkau kok, kita bahas tiketnya yaa :
1. Tiket masuk area dan Museum : Rp. 10.500,-/orang (Senin-Sabtu), Rp. 12.500/orang (Minggu/libur nasional)
2. Tiket Ketep Volcano Theatre : Rp. 7000,-/orang
3. Tiket teropong : Rp. 5000,-/orang
4. Parkir sepeda motor : Rp. 2000,-/unit
5. Parkir mobil : Rp. 5000,-/unit
6. Parkir mini bus : Rp. 7000,-/unit
7. Parkir bus besar : Rp. 12000,-/unit

Terjangkau banget kan temen temen, ga perlu mahal mahal untuk dapat sesuatu yang bermanfaat yaa.

D. Rute dan Waktu Tempuh
Buat kamu yang mau ke Ketep Pass, lokasinya ga begitu jauh kok dari pusat kota Yogyakarta. Kamu Cuma butuh waktu sekitar 60 menit untuk sampai kesana (kalau ga macet yaa). Dan jangan khawatir karena selama perjalanan, kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang bagus banget karena kamu akan melihat berbagai macam tanaman buah dan sayur mayur di sepanjang perjalanan menuju ke Ketep Pass.

Untuk Rute nya bisa di lalui dengan 2 cara, rute pertama kalau kamu dari pusat kota Yogyakarta, kamu bisa lewat Jalan Magelang ke arah Muntilan lalu terus ke arah Blabak, di situ ada lampu merah, dan ada petunjuknya bahwa ketep pass kearah kanan, dari situ lurus saja melewati jalan yang menanjak landai ke arah Ketep Pass.

Rute yang kedua biasanya di lewati oleh kamu yang berasal dari arah selatan, kamu bisa lewat jalan kecil samping klenteng Hok An Kiong, terus saja melalui jalan utama, kamu akan melewati pasar Talun sampai nanti akan menemui pertigaan Sawangan, dari pertigaan tersebut kamu ambil kanan dan ikuti jalan aja sampai menemui pertigaan Ketep Pass.

Oh iya, akses kesana juga bagus lho teman teman, jalannya halus, dan bisa dilalui oleh berbagai macam kendaraan seperti sepeda motor, mobil sedan, mini bus, atau big bus sekalipun.

Sekian dulu ya KAISAR mengenai Ketep Pass nya, semoga bisa menambah referensi teman teman untuk berwisata di Yogyakarta. Yang pasti Ketep Pass ini mengajarkan kita bahwa ga perlu mahal untuk dapat sesuatu yang bermanfaat teman-teman. Sampai ketemu di KAISAR selanjutnya yaa, Salam Wisata !!

Semut Ireng Transport – “Solusi Perjalanan Wisata Anda”

Facebook Comments

About the Author

By admin / Administrator

Follow admin
on Jun 21, 2018